HUKUM PEREMPUAN IMAM SHOLAT

Oleh: Krisnanda

A.    Hadis Yang Membicarakan Tentang Perempuan Sebagai Imam Shalat

        Baca Juga: KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM

1.     Hadis yang secara khusus melarang laki – laki berimam kepada perempuan tersebut diriwayatkan Ibnu Majah:

ولابن ماجه من حديث جابر رضي الله عنه (( ولاتؤمّنّ امرءة رجلا, ولا اعرابيّ مهاجرا, ولا فاجر مؤمنا)).[1]

“Dalam riwayat Ibnu Majah dari Jabir r.a. “Jangan sekali – kali seorang perempuan menjadi imam atas laki – laki, atau a`rabi (badui) atas orang durjana atas orang mukmin.

2.     Hadis yang membolehkan perempuan menjadi imam shalat jama`ah  diriwayatkan Abu Dawud dan dianggap sahih oleh Ibnu Huzaimah.

و عن ام ورقة ان النبي صلعم امرها ان تؤم اهل دارها (رواه ابو داود و صححه ابن ماجه)

“Dari Ummu Waraqah r.a. bahwasanya Nabi s.a.w. memerintahkan kepadanya agar menjadi imam atas penduduk kampungnya.”

B.    Kualitas Hadis Yang Membicarakan Perempuan Sebagai Imam Shalat

1.     Kualitas Hadis yang melarang laki – laki berimam kepada perempuan diriwayatkan Ibnu Majah:

Jarh wa ta`dil:

Nama Lengkap            : Jabir bin `Abdullah bin Amru bin Haram

Kalangan                     : Shahabat

Kuniyah                      : Abu `Abdullah

Negeri Semasa Hidup : Madinah

Wafat                          : 78 H

ULAMA                                       KOMENTAR

                                                      Shahabat

Nama Lengkap            : Sa`id bin Al Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin `Amru

Kalangan                     : Tabi`in Kalangan Tua

Kuniyah                      : Abu Muhammad

Negeri Semasa Hidup : Madinah

Wafat                          : 93 H

ULAMA                                       KOMENTAR

Ahmad Bin Hambal : Tsiqah

Abu Zur`ah Arrazy : Tsiqah Imam

Adz Dzahabi              : Imam,

Adz Dzahabi              : Ahadul A`lam, Tsiqah Hujjah, Ahli Fiqh

Nama Lengkap            : Ali bin Zaid bin `Abdullah bin Jud`an

Kalangan                     : Tabi`in Kalangan Biasa

Kuniyah                      : Abu Al-Hasan

Negeri Semasa Hidup : Bashrah

Wafat                          : 131 H

ULAMA                                       KOMENTAR

Ahmad bin Hambal  : Laisa bi qowi

Yahya bin Ma`in       : Dha`if

Al `Ajli                        : Laisa bi qowi

Abu Zur`ah                : Laisa bi qowi

An Nasa`i                   : Dha`if

Ibnu Hajar                 : Dha`if

Nama Lengkap            : Abdullah bin Muhammad Al-Adawi

Kalangan                     : Tab`ut Tabi`in Kalangan Tua

Kuniyah                      : -

Negeri Semasa Hidup : -

Wafat                          : -        

ULAMA                                       KOMENTAR

Al- Bukhari                : Mungkarul hadis

Abu Hatim                 : Mungkarul hadis

Abu Hatim                 : Saih majhul

Ad Druquthni            : Matruk

Ibnu Hajar                 : Matruk

Adz Dzahabi              : Wahin                                                            

Nama Lengkap            : Al Walid bin Bukhair

Kalangan                     : Tabi`ut Tabi`in Kalangan Pertengahan

Kuniyah                      : Abu Jannab

Negeri Semasa Hidup : Kufah

Wafat                          : -

ULAMA                                       KOMENTAR

Abu Hatim                 : Syaikh

Ad Daruquthni          : Matrukul hadis

Ibnu Hajar                 : Layyinul hadis

Adz Dzahabi              : Watsiq

Ibnu Hibban              : Dsbt dalam `Ats Tsiqat`

Nama Lengkap            : Muhammad bin `Abdullah bin Numair

Kalangan                     : Tab`ul Atba` Kalangan Tua

Kuniyah                      : Abu `Abdur Rahman

Negeri Semasa Hidup : Kufah

Wafat                          : 234 H   

ULAMA                                       KOMENTAR

Al `Ajli                        : Tsiqah

Abu Hatim                 : Tsiqah

An Nasa`i                   : Tsiqah ma`mun

Ibnu Hibban              : Dsbt dalam `ats Tsiqah

Ibnu Hajar al `Asqalani: Tsiqah Hafidz

Adz Dzahabi              : Hafizh                                                                                            

Hadis ini dijadikan oleh jumhur ulama sebagai dalil bahwa perempuan tidak boleh menjadi imam  bagi laki – laki.[2] Hadis ini sanad hadis tersebut dhaif (lemah) karena ada salah satu perawinya bernama Abdullah bin Muhammad Al-Adawi dari Ali bin Zaid bin Jad`an yang dinilai oleh waki` bersifat dhaif.  Dari kesimplan singkat ini, penulis berkesimpulan bahwa hadis tentang larangan wanita menjadi imam bagi laki – laki ini lemah, atau tidak cukup kuat untuk dijadikan hujjah hukum.[3]

2.     Baca Juga: KONSEP RASIONALITI DALAM EKONOMI KONVENSIONAL DAN ISLAMI

        Kualitas Hadis yang membolehkan perempuan menjadi imam shalat jama`ah

Jarh wa ta`dil:

Nama Lengkap            : Ummu Waraqah binti `Abdullah bin al-Haarits

Kalangan                     : Shahabiyah

Kuniyah                      : Ummu Waraqah

Negeri Semasa Hidup : Madinah

Wafat                          : -                      

ULAMA                                       KOMENTAR

                                                      Shahabiyah                                                          

Nama Lengkap            : Abdur Rahman bin Khallad

Kalangan                     : Taabi`in Kalangan Biasa

Kuniyah                      : -

Negeri Semasa Hidup : -

Wafat                          : -      

ULAMA                                       KOMENTAR

Ibnu Hibban              : Dsbt dalam At Tsiqah

Ibnul Qaththan          : Majhul hal

Ibnu Hajar al `Asqalani: Majhul hal                                      

Nama Lengkap            : Al – Walid bin `Abdullah bin Jami`

Kalangan                     : Tabi`in Kalangan Biasa

Kuniyah                      : -

Negeri Semasa Hidup : Kufah

Wafat                          : -

ULAMA                                       KOMENTAR

Abu Daud                  : Laisa bihi ba`s

Ahmad bin Hambal  : Laisa bihi ba`s

Abu Zur`ah                : La ba`sa bih

Al Ajli                         : Tsiqah

Ibu Hatim                   : Shalihl hadis

Ibnu Saad                   : Tsiqah

Nama Lengkap            : Waki` bin Al – Jarrah bin Malih

Kalangan                     : Tabi`in Kalangan Biasa

Kuniyah                      : Abu Sufyan

Negeri Semasa Hidup : Kufah

Wafat                          : 196 H

ULAMA                                       KOMENTAR

Al `Ajli                        : Tsiqah

Ya`kub bin Syaibah  : Hafizh

Ibnu Sa`d                   : Tsiqah ma`mun

Ibnu Hibban              : Hafizh

Ibnu Hajar al Asqalani: Tsiqah ahli ibadah

Adz Dzahabi              : Seorang tokoh

Nama Lengkap            : Ustman bin Muhammad bin Ibrahim bin `Utsman

Kalangan                     : Tabi`ul Atba` Kalangan Tua

Kuniyah                      : Abu Al- Hasan

Negeri Semasa Hidup : Kufah

Wafat                          : 239 H

ULAMA                                       KOMENTAR

Adz Dzahabi              : Hafizh

Yahya bin Ma`in       : Tsiqah

Al `Ajli                        : Tsiqah

Ibnu Hibban              : Dsbt dalam Ats Tsiqah

Ibnu Hajar                 : Tsiqah hafid

Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan dianggap sahih oleh Ibnu Huzaimah.[4] Ummu Waraqah yang dimaksud dalam riwayat tersebut merupakan Ummu Waraqah binti Naufal Al-Anshari, atau sebagian riwayat menyebutkan binti Abdillah bin Harits bin `Uwaimar. Rasulullah sering mengunjnginya dengan Asy-Ssyahidah. Dia hafal al-Qur`an dan menjadi imam penduduk kampungnya. Ketika Rasulullah perang Badar, Ummu Waraqah bertanya, “ Ya, Rasulullah, izinkan aku ikut berperang bersamamu!” Nabi lantas menyuruhnya agar menjadi imam saja bagi penduduk desanya. Nabi juga menugasi seseorang untuk menjadi muazin baginya. Ia menjadi imam atas anak – anak laki – laki dan perempuan.[5]

Hadis inilah yang dijadikan dasar diperbolehkannya seorang perempuan bertindak sebagai imam atas laki – laki, sebagaimana yang dipilih oleh Al-Muzani dan Abu Tsaur. Sedangkan Ath-Thabri memperbolehkan perempuan menjadi imam shalat tarawih jika diantara yang hadir tidak ada yang hafal al-Qur`an. Sementara itu menurut jumhur, perempuan diperbolehkan menjadi imam hanya jika makmumnya sama – sama perempuan. Adpun yang ditunjukkan oleh hadis diatas, yaitu jama`ah Ummu Waraqah juga terdapat ghulam (anak – anak laki – laki), ini tidak bisa dipahami secara umum.[6]

C.    Pengamalan Hadis Tersebut Dalam Konteks Kekinian Dengan Analisi Pakar

Kitab – kitab fiqh yang bersepakat untuk tidak membolehkan seorang perempuan menjadi imam bagi laki – laki atau seorang banci sekali pun.[7] Yang diperbolehkan adalah perempuan bisa jadi imam bagi sesama perempuan (tidak bercampur dengan jama`ah yang laki – laki). Lebih dari itu, ajaran Islam juga melarang atau pun setidaknya makruh jika perempuan muda menghadiri jama`ah di masjid untuk menghindari timbulnya fitnah. Ada pun bagi perempuan yang sudah berusia lanjut diperbolehkan dengan syarat tidak memakai minyak wangi.

Kalau kita lihat dalam konteks kekinian, ajaran – ajaran misoginis ini tidak sepenuhnya relevan lagi, sebab kaum perempuan sekarang telah memiliki status yang sama, baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam kehidupan masyarakat.[8] Dalam literatur Islam klasik seperti kitab al-Majmu` Syah al-Muhadzzab karangan Imam Syarafuddin al-Nawawi ataupun pendapat Umar Nawawi Banten mengatakan bahwa, seluruh ulama dari dulu sampai sekarang, kecuali Abu Tsaur melarang perempuan untuk menjadi imam bagi laki – laki. Ini juga merupakan pendapat Abu Hamid al-Isfirayaini. Namun ada juga yang membolehkannya, seperti Abu Tsaur, Imam Mazni, dan Imam Ibnu Jarir al-Thabari.

MENETAPKAN:  FATWA WANITA MENJADI IMAM SHALAT

1.  Wanita menjadi imam shalat berjama’ah yang di antara makmumnya terdapat orang laki-laki hukumnya haram dan tidak sah.

2.  Wanita menjadi imam shalat berjama’ah yang makmumnya wanita, hukumnya mubah. Wallahu`alam Bishawaf.

 


Menurut pandangan penulis, jika dilihat dari status hadis di atas sah jika perempuan menjadi imam shalat bagi laki – laki. Namun, apakah ada perempuan yang mau jadi imam shalat jama`ah di masjid?. Apa lagi kecendrungan shalat umat Islam itu diimami oleh seorang laki – laki, bukan perempuan. Kemudian para kaum perempuan juga memiliki larangan berupa suara sebagai aurat mereka. Terbukanya aurat perempuan sering menimbulkan fitnah, memancing nafsu birahi lawan jenisnya.[9]  Jadi, sekali lagi dalam konteks kekinian hadis ini membolehkan perempuan menjadi imam bagi laki – laki. Namun ada fatwa dari MUI No. 9/MUNAS VII/MI/13/2005 Tentang WANITA MENJADI IMAM SHALAT.[10]

Baca Juga: Berdoalah, Cara Terbaik Agar Keinginan Tercapai

Referensi

Koderi, Muhammad. Bolehkan Wanita Menjadi Imam Negara. Jakarta: Gema Insani Press. 1999.

Sukri, Sri Suhandjati. Pemahaman Islam dan Tantangan Keadilan Jender. Yogyakarta : GAMA MEDIA. 2002

ابن حجر العسقلاني, بلوغ المرام من ادلة الاحكام. سورابايا – اندونيسيا : حاريسما

http://www.fikihkontemporer.com/2013/05/wanita-menjadi-imam-shalat-lelaki-fatwa.html

http://alislamiyah.uii.ac.id/2013/08/27/hukum-shalat-jumat-bagi-perempuan/



[1] (Hadis Nomor 437) .  ابن حجر العسقلاني, بلوغ المرام من ادلة الاحكام. سورابايا – اندونيسيا : حاريسما. في ضفحة 82

[2] Sri Suhandjati Sukri, Pemahaman Islam dan Tantangan Keadilan Jender. Yogyakarta : GAMA MEDIA. Hlm. 103.

[3] Sri Suhandjati Sukri. Ibid,..

[4] Ibid,. Hlm. 103

[5] Ibid,..

[6] Ibid,..

[7] Ibid,.. hlm. 101

[8] Sri Suhandjati Skri,. Ibid,.. Hlm.102.

[9] Muhammad Koderi, Bolehkan Wanita Menjadi Imam Negara. 1999. Jakarta: Gema Insani Press  Hlm.35.

Comments

Popular Posts